1 Kg beras jadi berapa porsi nasi kotak?

1 Kg Beras Jadi Berapa Porsi Nasi Kotak? Inilah Jawabannya!

Apakah Anda pernah berpikir 1 Kg beras jadi berapa porsi nasi kotak?  Pertanyaan tersebut penting bagi keberlangsungan bisnis katering. Anda dapat mempertimbangkan banyak hal dengan memperkirakan porsi nasi. Berikut penjelasannya.

Perhitungan 1 Kg Beras Jadi Berapa Porsi Nasi Kotak? 

Beras merupakan sembako paling banyak digunakan dalam nasi kotak. Tentu saja karena nasi sebagai komponen utama dan biasanya menjadi satu-satunya sumber karbohidrat. Oleh karena itu, memperhitungkan kebutuhan beras adalah hal yang penting. 

Dalam menghitung 1 Kg beras bisa jadi berapa porsi nasi kotak Anda harus menentukan ukuran satu porsinya. Satu porsi mungkin hanya membutuhkan 100 Gram beras. Akan tetapi, beras yang dibutuhkan bisa mencapai 200 Gram bila ukuran kotak yang Anda sediakan cukup besar.

Satu kilo beras yakni sama dengan 1000 Gram. Jadi bila Anda mematok satu porsi 100 Gram, nasi kotak yang dibuat mencapai 10 buah. Namun jika lebih besar, Anda bisa menghasilkan sampai 20 kotak.

Intinya, untuk beras 1 Kg jadi berapa porsi tergantung ukuran yang ingin diterapkan. Sesuaikan porsi dengan ukuran kotak serta jumlah lauk pauknya. Sebaiknya semua komponen yang ada harus pas supaya kebutuhan konsumen terpenuhi dan pelanggan jadi puas. 

Tips Usaha Nasi Kotak yang Untung

Apakah penjelasan di atas sudah menjawab pertanyaan 1 Kg beras jadi berapa porsi nasi kotak? Selain menentukan porsi nasi, ada tips yang harus dilakukan supaya Anda semakin untung. Jika ingin semakin untung berbisnis nasi kotak, perhatikan empat tips di bawah. 

1. Manfaatkan Bahan dengan Baik

Porsi nasi dalam kotak hanya salah satu faktor dalam penentuan harga. Meski merupakan yang utama, namun masih ada beberapa komponen lain yang harus disiapkan. Salah satunya yakni berbagai lauk dan sayur yang mendampingi.

Supaya lebih untung, Anda bisa membuat variasi menu dari bahan yang sama. Sebagai contoh, buatlah menu capcay dan sop untuk dua paket berbeda. Di samping itu, carilah tempat berlangganan yang murah namun masih menyediakan bahan berkualitas.

2. Sesuaikan dengan Target Konsumen

Untuk memperhitungkan 1 Kg beras jadi berapa porsi nasi Anda juga harus memperkirakan target konsumen. Bila diperuntukkan bagi kalangan ibu-ibu, sebaiknya berikan lauk serta sayur yang beragam. Umumnya kalangan tersebut cenderung mementingkan kualitas makanan.

Sedangkan bila katering untuk kalangan mahasiswa atau acara biasa buatlah nasi kotak yang lebih sederhana. Target pasar ini lebih menyukai harga yang murah. Anda bisa melebihkan porsi nasi supaya terasa banyak.

3. Lakukan Promosi

Cara Anda mempromosikan bisnis dapat sangat membantu. Masyarakat akan lebih mudah menemukan jasa katering Anda. Apalagi untuk bisnis katering pemula.

Anda bisa memanfaatkan media sosial yang sedang ramai. Posting tentang menu serta testimoni pelanggan. Promosikan jasa dengan diskon bila diperlukan.

4. Jaga Cita Rasa

Porsi dari nasi kotak tidak berarti apa-apa apabila kualitas rasa kurang. Begitu pula dengan promosi yang Anda lakukan. Tidak peduli sesering apapun dan sebanyak apa diskon yang Anda beri.

Cita rasa makanan dari nasi kotak tetap harus dijaga. Bila tidak, biasanya orang akan menggunakan jasa Anda hanya sekali saja. Setelah itu mereka tidak akan kembali dan mempromosikannya kepada orang lain.

Demikian jawaban dari 1 Kg beras jadi berapa porsi nasi kotak? Anda bisa memperhitungkan serta mempertimbangkan banyaknya beras 1 kg untuk berapa nasi kotak. Jangan lupa untuk menggunakan tips yang ada di atas supaya katering lebih untung.

Check Also

Apakah sabun kedas beauty aman untuk wajah

Sudah Baca 12 Sabun Kedas Beauty Review?

Sabun kedas beauty akhir-akhir ini viral di Tik Tok. Penggunaan sabun kedas beauty review yang …

perbedaan masker lea gloria asli dan palsu

6 Perbedaan Masker Lea Gloria Asli dan Palsu

Gimana sih cara membedakan masker Lea Gloria asli dan palsu? Masker Lea Gloria sempat menjadi …