Cara melihat letak tanggal kadaluarsa susu Frisian Flag sachet & kaleng

Berikut 2 Cara Melihat Letak Tanggal Kadaluarsa Susu Frisian Flag Sachet & Kaleng

Cara melihat letak tanggal kadaluarsa susu Frisian Flag sachet & kaleng tidaklah susah. Tapi, jangan salah dalam membacanya. Jangan sampai tanggal produksi dianggap sebagai tanggal kadaluarsa, sehingga produk dikira sudah melewati tanggal kadaluarsa. 

Tanggal kadaluarsa susu Frisian Flag biasanya tertera pada kemasan susu. Setiap produk memiliki tanggal kadaluarsa yang berbeda tergantung jenis susu, cara pengolahan, dan kemasannya. Susu segar biasanya bertahan 7-14 hari setelah tanggal produksi.

Pengertian Expired Date

Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan, tanggal kadaluarsa atau informasi kadaluarsa merupakan informasi mengenai batas akhir jaminan mutu suatu pangan. 

Makanan olahan memiliki umur simpan kurang lebih 3 bulan. Pernahkah Anda melihat tulisan ‘best before’ pada kemasan makanan? Mungkin banyak orang yang menganggap ‘best before’ itu sama dengan tanggal kadaluarsa, padahal keduanya berbeda. 

‘Best before’ lebih menekankan pada kualitas makanan. Apabila suatu pangan telah melewati tanggal ‘best before’, maka akan terjadi penurunan mutu baik dari segi warna, aroma maupun tekstur dari pangan tersebut.

Cara Melihat Letak Tanggal Kadaluarsa Susu Frisian Flag Sachet & Kaleng Mudah 

Tanggal kadaluarsa biasanya ditulis didahului dengan kalimat “seharusnya digunakan sebelumnya”, atau kata “exp”. sebagai singkatan dari tanggal kadaluarsa. 

Kode yang ditulis pun bisa bermacam-macam, baik kode terbuka maupun kode tertutup. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara cek expired atau tanggal kadaluarsa. Secara umum tanggal kadaluarsa ditulis dengan format sebagai berikut: 

  • Tanggal bulan tahun 
  • Bulan, tanggal, tahun 
  • Tahun, bulan, tanggal.

Misalnya saja berikut beberapa cara penulisan tanggal kadaluarsa yang biasa Anda temukan pada kemasan produk susu Frisian Flag atau produk lainnya: 

  • 14 Oktober 2021 
  • 14 Okt 2021 
  • 14102021 atau 141021.

Anda juga mungkin menemukan tanggal kadaluarsa yang hanya mencantumkan bulan dan tahun, misalnya “gunakan sebelum November 2024 atau Nov 2024”. Tak hanya itu itu, ada juga cara membaca tanggal kadaluarsa yang mungkin lebih rumit. 

Pasalnya, tanggal kadaluarsa ditulis dalam bentuk kode tertutup. Januari-Desember ditulis dengan huruf A-L disertai tanggal dan tahun. Jadi, jika melihat kode C112025, maka cara membaca expired disini adalah 11 Maret 2025.

Perbedaan Susu Frisian Flag Kaleng dan Sachet

Setelah mengetahui cara melihat letak tanggal kadaluarsa susu Frisian Flag sachet & kaleng, maka Anda juga perlu tahu perbedaan dari kedua kemasan tersebut sebagai berikut:

Pengemasan: Susu kaleng dikemas dalam kaleng yang biasanya berukuran cukup besar, sedangkan susu sachet dikemas dalam sachet kecil yang biasanya berisi satu atau dua gelas susu. 

Umur simpan: Karena susu kaleng dikemas dalam kaleng kedap udara dan kedap cahaya, umur simpannya lebih lama dibandingkan susu sachet. 

Susu kaleng bisa bertahan beberapa bulan bahkan bertahun-tahun jika disimpan dengan baik, sedangkan susu sachet biasanya hanya bertahan beberapa minggu. 

Harga: Harga susu Frisian Flag sachet lebih murah dibandingkan susu kaleng karena ukurannya yang lebih kecil. Namun jika dibeli dalam jumlah banyak, susu kaleng bisa lebih hemat karena umur simpannya lebih lama dan kemasannya lebih besar.

Kemudahan penggunaan: Susu sachet lebih mudah digunakan dan dibawa karena lebih kecil dan praktis. Meskipun susu kaleng lebih sulit dibawa karena ukuran dan beratnya yang besar, susu kaleng lebih mudah digunakan untuk keperluan lebih banyak.

Itu dia sedikit pembahasan mengenai cara melihat letak tanggal kadaluarsa susu Frisian Flag sachet & kalean beserta info lainnya yang berkaitan.