perbedaan LCD incell dan ori

Jangan Salah Ini 5 Perbedaan LCD Incell dan Ori!

Sering kali pengguna tidak memahami perbedaan LCD Incell dan Ori. Terlihat sama padahal sebenarnya kedua layar tersebut berbeda. Dan, pengguna yang hendak memperbaiki LCD HP di luar harus memahami ini.

LCD incell merupakan layar yang mana lapisan touchscreen digabungkan secara langsung ke dalam lapisan LCD. Umumnya LCD konvensional lapisan sensor sentuhnya akan terpisah. Kemudian, apa yang membedakan keduanya? Yuk simak pembahasannya berikut!

LCD dan Touchscreen Berbeda

Banyak yang salah paham tentnag LCD dan juga touchscreen. Karena dua hal tersebut merupakan komponen yang berbeda. Walaupun sama-sama dipakai pada layar HP dan juga laptop. 

Touchscreen merupakan komponen yang digunakan untuk interaksi jari dengan layar HP. Sehingga pada touchscreen merupakan komponen yang responsif terhadap sentuhan yang membuat layar bergerak. LCD lah yang menampilkan gambar.

Apabila LCD rusak, pengguna masih bisa memakai layar sentuh meskipun beberapa terdapat yang tidak dapat disentuh. Karena umumnya pada LCD konvensional memiliki letak komponen yang berbeda. Terkecuali memakai LCD Incell.

Perbedaan LCD Incell dan Ori

Telah dibahas sebelumnya terkait LCD Incell yang mana memiliki komponen sensor sentuhan yang menyatu dengan LCD. Selain itu, terdapat perbedaan lain yang bisa dilihat dari LCD Ori dan LCD Incell. 

1. Perbedaan Teknologi yang Digunakan

Perbedaan LCD Incell dan ori dapat dilihat dari teknologi yang digunakan dari kedua LCD tersebut. LCD Incell atau akrab disebut In-Cell Touch ini menggabungkan lapisan sensor ke dalam LCD. Sehingga LCD Incell nantinya lebih tipis dan lebih responsif.

Sedangkan untuk LCD Ori atau Original LCD, merupakan layar asli dari setelan pabrik HP tersebut. Dengan begitu, LCD Ori mengikuti sistem teknologi dari produsen HP tersebut. Beberapa layar Ori terdapat yang sensor sentuh terpisah dan ada yang menyatu.

2. Perbedaan Desain

Salah satu perbedaan yang juga menjadi kelebihan layar Incell yakni desain yang tipis. Hal ini dikarenakan sensor sentuh langsung menjadi satu dengan LCD. Sehingga layarnya lebih tipis dibandingkan dengan LCD konvensional lain yang terpisah sensor sentuhnya.

Pada LCD Ori beberapa ada yang mendesain dengan layar yang tipis dengan kekuatan sensor yang sangat rensponsif. Akan tetapi kualitas tentu lebih baik daripada Incell, karena LCD Ori sudah pasti sesuai dengan keluaran pabrik HP tersebut. 

3. Kualitas Gambar Lebih Jernih

Tentu pada tiap LCD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya memiliki spesifikasi tersendiri, dan pada layar Incell kualitas gambar lebih unggul. Karena LCD meminimalkan jarak antar sentuhan dan LCD.

Oleh karena itu, akan mengurangi terjadinya kemungkinan distorsi atau degradasi gambar. Secara orisinal, layar Ori mengikuti spesifikasi layar dari pabrik HP. Dengan begitu, sudah pasti kualitas serta kejernihan layar akan menyesuaikan setelan pabrik.

4. Biaya Produksi Lebih Besar

Produksi dari layar Incell lebih besar dibandingkan dengan LCD Ori karena beberapa spesifikasi yang unggul di atas. Karena itu, harga dari layar Incell tentu lebih mahal dibandingkan layar Ori. Kelebihan desain serta responsivitasnya yang sangat tinggi menjadikan harga tinggi pula.

Jika ditanya LCD Incell apakah bagus sudah pasti bagus dibanding dengan LCD Ori. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa LCD Ori lebih merujuk pada setelan pabrik. Dan, tentu apabila ingin kualitas layar lebih jernih harus merogoh biaya yang lumayan.

5. Rawan Kerusakan

Inilah yang menjadi perbedaan LCD Incell dan ori di mana LCD Incell akan mudah rusak. Karena desainnya yang tipis dan menyatu dengan sensor sentuh. Apabila layar Incell rusak sudah pasti tidak lagi responsif ketika disentuh. 

Oleh karena itu, lebih disarankan untuk mengganti layar HP dengan layar Ori dibanding dengan Incell. Meskipun lebih bagus performanya, akan tetapi lebih awet LCD yang jelas Original.

Penutup

Demikian pembahasan terkait perbedaan LCD Incell dan ori. Walau terdapat sejumlah keunggulan pada LCD Incell tentu memiliki sejumlah kekurangan pula. Lebih disarankan untuk para pengguna mengganti dengan LCD Ori saja.

Check Also

Perbedaan LCD Incell Oncell dan TFT

3 Perbedaan LCD Incell, Oncell, dan TFT yang Bisa dijadikan Sebagai Pertimbangan

Perbedaan LCD Incell, Oncell, dan TFT seringkali menjadi bahan perbandingan dalam memilih tampilan smartphone. Hal …