Perbedaan LCD Incell Oncell dan TFT

3 Perbedaan LCD Incell, Oncell, dan TFT yang Bisa dijadikan Sebagai Pertimbangan

Perbedaan LCD Incell, Oncell, dan TFT seringkali menjadi bahan perbandingan dalam memilih tampilan smartphone. Hal ini dikarenakan, setiap jenis layar mempunyai karakteristik unik yang akan mempengaruhi kinerja perangkat. 

Sehingga perbedaan-perbedaan LCD banyak dipertimbangkan sebelum memilih smartphone. Untuk itulah, penting diketahui perbedaan tentang masing-masing teknologi layar ini.

Pengertian LCD Incell, Oncell, dan TFT

Sebelum membahas terkait perbedaan antar ketiganya, sebaiknya perlu dipahami terlebih dahulu mengenai pengertian dari masing-masing jenis LCD. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam membandingkan kualitas ketiga LCD smartphone. 

1. LCD Incell

LCD Incell adalah teknologi tampilan layar yang menggabungkan lapisan layar sentuh an lapisan LCD dalam satu struktur tunggal pada smartphone. Dalam jenis ini , keberadaan sensor sentuh tidak membutuhkan lapisan tambahan di atas LCD. 

Hal ini menandakan bahwa, sensor sentuh beserta piksel-piksel LCD akan diposisikan secara bersama-sama dalam satu lapisan terintegrasi. Kelebihan Incell yaitu memiliki desain tipis karena tidak adanya lapisan sentuh tambahan. 

Biasanya layar LCD Incell lebih responsif terhadap sentuhan pengguna.Tetapi biaya produksi LCD Incell lebih mahal dan jika layar mengalami kerusakan maka penggantian lapisan sentuhnya menjadi lebih rumit.

2. LCD Oncell

LCD Oncell adalah jenis teknologi tampilan yang juga terintegrasi oleh lapisan sentuh ke dalam lapisan LCD. Tapi terdapat perbedaan pada cara penempatan lapisan sentuh tersebut. Adapun pada jenis ini, lapisan sentuh ditempatkan di atas lapisan LCD.

Adapun kelebihan LCD Oncell yaitu memiliki biaya produksi lebih rendah dibandingkan dengan beberapa teknologi layar jenis lainnya. Selain itu, Oncell juga mempunyai desain yang tipis. 

Namun sayangnya, pada jenis Oncell ini memiliki respon sentuhan yang sedikit lebih lambat dibandingkan dengan teknologi layar jenis lainnya. 

3. LCD TFT

LCD TFT adalah teknologi tampilan yang memanfaatkan semikonduktor transistor yang berguna untuk mengontrol masing-masing piksel pada layar. TFT merupakan teknologi yang paling umum digunakan dalam berbagai jenis layar, seperti smartphone. 

Pada LCD TFT memiliki tampilan gambar yang tajam dan cerah. Sayangnya, layar TFT cenderung mengkonsumsi daya lebih tinggi daripada jenis teknologi layar lainnya. 

Perbedaan LCD Incell, Oncell, dan TFT

Dalam dunia teknologi, perbedaan jenis LCD ini berkaitan dengan integrasi lapisan sentuh dan LCD serta cara pemisahan keduanya. Ketika sering membeli smartphone, tentu sudah tidak asing lagi mendengar ketiga istilah tersebut, namun terdapat perbedaan diantara ketiga jenisnya.

Pada dasarnya, yang menjadi perbedaan utama ketiga jenis LCD tersebut terletak pada integrasi lapisan sentuh dan LCD. Pada Incell terintegrasi dalam satu lapisan tunggal, Oncell ditempatkan di atas LCD, sedangkan TFT memiliki lapisan sentuh yang terpisah dari LCD dan menggunakan transistor semikonduktor.

1. Performa Warna dan Kualitas Gambar

Perbedaan pertama terletak pada performa warna dan kualitas gambarnya. Pada LCD Incell dan Oncell, akan cenderung memberikan tampilan yang lebih akurat dibanding dengan TFT.

Dengan adanya teknologi terintegrasi, bisa menghasilkan gambar dengan detail dan pemerolehan warna yang jauh lebih baik.

2. Ketahanan Layar

Perbedaan ketiga jenis LCD pada ketahanan layar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti bahan dan desain. Secara umum, LCD Incell dan Oncell mempunyai tingkat ketahanan yang lebih baik dibanding dengan LCD TFT.

3. Kehidupan Baterai

Pada LCD Incell dan Oncell cenderung mempunyai konsumsi daya lebih rendah dibanding dengan jenis TFT. Perbedaan terkait kehidupan baterai ini bisa berdampak pada daya tahan baterai pada perangkat.

Setelah mengetahui terkait perbedaan LCD Incell, Oncell, dan TFT tentu akan lebih mudah dalam mempertimbangkan kualitas perangkat yang akan dibeli.

Check Also

perbedaan LCD incell dan ori

Jangan Salah Ini 5 Perbedaan LCD Incell dan Ori!

Sering kali pengguna tidak memahami perbedaan LCD Incell dan Ori. Terlihat sama padahal sebenarnya kedua …