efek samping sabun thai goats milk soap

6 Efek Samping Sabun Thai Goats Milk Soap

Kulit putih dan bersih adalah dambaan semua orang, terutama kamu sebagai perempuan. Banyak sekali produk-produk sabun yang memiliki tujuan untuk memutihkan kulit. Dan yang lagi hits adalah sabun pemutih yang berasal dari Thailand. Tapi kamu juga perlu tahu efek samping sabun Thai Goats Milk Soap.

Sebenarnya memang produk kecantikan dari Thailand beberapa waktu ini sering booming di Indonesia, seperti brand Bumibime, Fruitamin dan sabun beras Thailand. Dan yang terbaru adalah Thai Goats Milk Soap. Tapi tahu gak sih kalau sabun itu diproduksi di Indonesia?

Mengapa bisa demikian? Itu karena memang produk yang lagi viral akan selalu cepat ada produk saingannya. Dan sengaja di buat mirip dari kata-katanya maupun bentuk sabun dan kemasannya. Produk-produk ini terkadang dikategorikan produk abal-abal atau palsu. Padahal produk yang sudah berlisensi seperti BPOM tidak bisa dikategorikan sebagai produk abal-abal.

Karena produk dari Thailand untuk kategori sabun pemutih lagi hits, maka brand nasional rasa internasional mulai muncul untuk mendapatkan keuntungan atas keviralan itu. Termasuk Thai Goats Milk Soap.

Efek Samping Sabun Thai Goats Milk Soap

efek samping sabun thai goats milk soap

 

Thai Goats Milk Soap sudah tersertifikasi BPOM bahkan halal MUI. Kegunaannya sangat spesifik untuk membersihkan kulit dari segala kotoran dan radikal bebas yang menempel. Radikal bebas dan berbagai bakteri yang menempel bisa berakibat buruk pada skin barier kamu.

Karena kegunaan seperti itulah, efek kulit menjadi cerah atau putih itu hal yang wajar karena kulit terjaga kebersihan dan kesehatannya. Banyak yang merasakan manfaat itu yang kemudian menjadikan sabun ini sebagai sabun pemutih. Sama seperti sabun Rodeos untuk pria.

Untuk penggunaannya, sabun ini tidak terdapat keterangan digunakan untuk wajah. Tapi, penggunaannya lebih ke tubuh. Karena kulit wajah lebih sensitif daripada wajah, kamu harus tahu efek samping sabun Thai Goats Milk Soap kalau diaplikasikan pada wajah.

Inilah efek samping sabun Thai Goats Milk Soap yang mungkin kamu rasakan.

  1. Kulit Terasa Perih

Sabun Thai Goats Milk Soap mengandung susu kambing bubuk, coconut oil, castor oil, sodium hydroxide, dan bahan lainnya. Terkadang ada kandungan yang tidak cocok bagi tipe kulit yang sensitif, apalagi kulit wajah.

Efek samping sabun Thai Goats Milk Soap bisa menyebabkan rasa perih di wajah. Dikarenakan ada satu atau beberapa kandungan sabun ini yang tidak cocok bagi kulit. Sehingga jika mengalami gejala sepert ini ketika menggunakannya, bukan berarti sabun ini berbahaya. Karena tiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda.

  1. Gatal-Gatal Saat Pemakaian

Biasanya kalau sudah merasakan indikasi seperti ini, maka sudah mulai terjadi iritasi atau alergi terhadap salah satu kandungan yang terdapat pada Thai Goats Milk Soap. Namun, terkadang ini adalah gejala yang wajar karena tahap penyesuaian dengan kandungan tertentu.  Biasanya, rasa gatal akan muncul di awal saja, selanjutnya akan berkurang dan hilang.

Tetapi jika masih berlanjut rasa gatalnya, maka kamu bisa menghentikan pemakaian sabun ini ya untuk menghindari masalah kulit yang lebih parah. Apalagi jika rasa gatalnya sangat mengganggu hingga menyebabkan kemerahan dan iritasi pada wajah kamu.

  1. Jerawat Semakin Banyak

Ini adalah hal yang paling ditakuti oleh para remaja yang sedang mengalami masa puber. Masa seperti ini identik dengan masa tumbuhnya banyak jerawat di wajah. Beberapa kasus ketika menggunakan produk skincare hasilnya bukan malah hilang, tetapi malah makin banyak.

Hal seperti ini biasanya disebabkan oleh dua hal. Pertama, sabun membuat kulit kering sehingga dapat merusak skin barrier. Rusaknya pelindung kulit ini dapat mengakibatkan mudahnya bakteri penyebab jerawat masuk ke kulit.

Kedua, residu sabun biasanya masih tertinggal ketika kamu membilasnya kurang bersih. Residu ini akan menutupi pori-pori. Dan ketika pori-pori kulit tersumbat, bisa menyebabkan jerawat karena kotoran terjebak di dalamnya. Hal seperti ini bisa menjadi salah satu efek samping sabun Thai Goats Milk Soap.

  1. Kulit Menjadi Kemerahan

Efek samping sabun Thai Goats Milk Soap yang bisa dibilang paling umum bagi kulit wajah sensitif adalah munculnya semacam ruam merah di area hidung dan pipi. Jika sudah demikian, kamu bisa pilih langsung ganti sabun atau mencoba terlebih dahulu 2-3 kali lagi. Jika masih sama, maka wajib ganti sabun.

Karena memang kulit kemerahan biasanya menjadi hal yang wajar jika menggunakan sabun ketika pertama kali. Sehingga perlu diuji 2-3 kali. Iritasi ini terjadi karena adanya kandungan fragance atau alkohol pada Thai Goats Milk Soap.

  1. Kulit Terasa Tertarik

Ketika kulit menjadi kering karena kandungan minyak alami pada kulit tersapu bersih oleh sabun, maka kamu akan merasakan sensasi kulit seperti tertarik. Efek samping sabun Thai Goats Milk Soap seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan mengusapkan skincare yang memiliki fungsi pelembab setelah penggunaan Thai Goats Milk Soap.

Pilihlah skincare yang bisa menghidrasi skin barrier kamu secara maksimal seperti moisturizer atau toner. Karena efek samping Thai Goats Milk Soap membuat kulit kering dan terasa tertarik. Sebab penggunaan sabun wajah menyebabkan hilangnya kelembaban pada kulit serta tidak seimbangnya pH kulit.

  1. Tampak Kusam

Rusaknya skin barrier pada kulit wajah yang disebabkan karena ketidakcocokan kulit wajah dengan salah satu senyawa dalam Thai Goats Milk Soap. Sehingga menyebabkan rusaknya sel-sel kulit. Banyaknya sel-sel kulit yang rusak menjadikan kulit tampak kusam.

Selain ketidakcocokan salah satu unsur pada Thai Goats Milk Soap, rusaknya skin barrier juga disebabkan sifat sabun. Sabun mampu membersihkan semua kotoran bahkan minyak alami yang dihasilkan oleh kulit. Jika penggunaan sabun tidak diiringi oleh penggunaan pelembab, maka dampaknya bisa buruk, salah satunya kulit tampak kusam.

Baca juga: 2 Cara Memilih Krim Pemutih Wajah yang Aman di Apotik

efek samping sabun thai goats milk soap

Dibandingkan dengan sabun mandi biasa, sabun yang terbuat dari susu kambing jelas lebih unggul. Hal ini disebabkan kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Sementara sabun mandi biasa lebih disukai karena kandungan detergen (yang membuat adanya busa lebih banyak) mampu membersihkan kotoran secara efektif.

Padahal bahan kimia detergen bisa merusak keseimbangan pH kulit. Sehingga mampu merusak lapisan kulit yang memiliki fungsi menjaga agar bakteri, jamur dan mikroorganisme perusak menembus lapisan kulit.

Efek samping sabun Thai Goats Milk Soap tidak akan terjadi jika kamu menggunakan sabun ini khusus untuk area kulit tubuh bukan wajah. Penggunaan kulit wajah secara temporal sebenarnya tidak masalah. Karena dalam proses pembuatan sabun susu kambing ini, menggunakan gliserin. Gliserin ini memiliki fungsi yang baik untuk melembabkan kulit wajah.

Itulah beberapa efek samping sabun Thai Goats Milk Soap yang mungkin akan kamu alami. Tentunya bisa saja terjadi dikarenakan kondisi jenis kulit sensitif terhadap salah satu bahan yang ada dalam sabun ini. Pemakaian produk sabun sesuai dengan fungsinya, lebih banyak tidak menimbulkan efek buruk apa pun.

Check Also

efek samping sabun leafhea

Ini 5 Efek Samping Sabun Leafhea

Saat ini bisnis perawatan kulit, kecantikan dan kesehatan semakin berkembang dan memiliki banyak peminat. Peminat …

5 Manfaat Sabun Klinskin untuk Perawatan Kulitmu

Mau kulit putih tapi masih bingung pilih produk perawatan yang cocok? Cobain dulu Klinskin Beauty …